Kumpulan artikel tutorial memperbaiki komputer dan laptop

Merawat Kipas CPU


Seperti halnya badan atau tubuh kita ketika melakukan aktivitas pasti akan menghasilkan panas, demikian halnya dengan peralatan elektronik pada komputer.  Suhu panas yang timbul dari aktivitas kerja elektronik pada CPU bisa dikurangi dengan pemasangan kipas atau Fan pada CPU. Seperti kita ketahui bahwa peralatan elektronik juga memiliki ambang batas suhu aman untuk peralatan tersebut. Semisal Processor Komputer jika Processor tersebut suhunya melampaui suhu yang diijinkan maka secara otomatis Komputer akan mati atau shutdown.
Maka dari itu kita memerlukan kipas pendingin atau cooling fan pada CPU untuk menjaga kestabilan suhu pada CPU.  Karena setiap peralatan elektronik komputer pasti memilik ambang batas suhu tertentu untuk menjaga performa kerja dari peralatan tersebut. Suhu yang stabil dan sesuai ambang batas juga akan mempengaruhi umur pakai dari peralatan elektronik tersebut.
Dalam CPU terdapat beberapa kipas pendingin yang biasanya terpasang pada, antara lain : Power supply, dinding casing komputer, VGA Card dan Processor Komputer. Adapun yang paling vital adalah yang terdapat pada Processor Komputer.
Kipas tersebut berputar untuk mengurangi panas pada komponen-komponen yang didinginkan,  kipas tersebut akan membuang suhu panas melalui lubang-lubang pada dinding casing komputer. Namun demikian kipas pendingin tersebut juga akan terkena debu dan lambat laun akan mempengaruhi performa kerja atau putaran dari kipas pendingin tersebut. Dengan terkena debu menjadikan kipas-kipas pendingin akan lebih lambat berputar atau bahkan bisa macet tidak bisa berputar.
Ada baiknya kita perlu mengkontrol rutin kondisi kipas pendingin pada komputer kita, apalagi bagi yang memakai komputer untuk warnet. Dari pengalaman pribadi saya, sering kali kipas pendingin pada CPU menjadi macet karena terkena debu. Kalaupun tidak macet kipas menjadi seret pada poros atau as kipas, jika seret maka kerja kipas akan berat dan timbul panas dari kumparan kipas sendiri.
Untuk itu rutin bersihkan debu dengan cara menyikat poros kipas kemudian meneteskan sedikit saja minyak pelumas, putar kipas dan pastikan kipas sudah bisa diputar dengan jari. Setelah dirasa lancar putarannya, bersihkan dengan kain lap atau tisu untuk sisa pelumas sehingga tidak sampai menetes pada mainboard atau komponen komputer. Selamat mencoba :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Merawat Kipas CPU

4 komentar:

  1. Thanks tipsnya, Sob...nice shared!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mas.Bro..TQ sdh mampir juga...

      Hapus
  2. kira - kira menurut ente mesti diganti gak kalo putaran kipas pendingin processor udah lambat??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada jenis Fan Proc yg memang putarannya lambat Mas, coba cek poros kipas apakah masih licin/lancar nda..kalau sudah seret/keras bersihkan dgn pelumas...kemudian yang pokok pengaruhnya ke Processor over heat nda, karena kipas kurang maksimal...TQ sdh mampir Mas..

      Hapus