Kumpulan artikel tutorial memperbaiki komputer dan laptop

Cara Merawat dan Fungsi Harddisk



Fungsi harddisk komputer merupakan tempat menyimpan data atau file pada komputer atau laptop, mungkin jika dianalogikan dengan tubuh kita maka harddisk bisa disamakan dengan lambung kita ya..he3x.. Pada harddisk lah semua data file dan program operating system kita tersimpan disana, jadi ketika harddisk kita rusak dan tidak bisa dibuka sama sekali, bisa jadi data file kita pada harddisk lenyap juga.
Untuk itu, sobat perlu lebih bijak dalam merawat harddisk pada komputer atau laptop sobat agar awet dan yang utama adalah data yang tersimpan pada harddisk bisa aman. Oke Sob, berikut ini saya akan berbagi tips cara merawat harddisk supaya awet :
  1. Komputer jika terlalu sering mati tanpa shutdown bisa merusak harddisk, jadi silahkan sobat lengkapi komputer desktop sobat dengan UPS agar ada jeda waktu mematikan komputer jika listrik padam tiba-tiba.
  2. Lebih baik sediakan cadangan data dari harddisk Anda ke sebuah UFD atau CD.
  3. Rawatlah secara berkala file-file data komputer sobat, jangan lupa sediakan antivirus untuk menjaga masuknya virus pada OS sobat.
  4. Gunakan scandisk untuk mengoreksi error pada direktori dan File Allocation Tab.
  5. Jika sobat menggunakan Laptop, ketika laptop kondisi hidup lebih baik tempatkan pada posisi statis dan jangan dibawa kemana-mana pada posisi hidup.
  6. Gunakan Program perawatan Harddisk seperti Disk Defragmenter dari Windows untuk pengguna OS Windows, gunanya untuk merapikan data-data yang ada di harddisk.
  7. Secara berkala hapus file-file temporari pada harddisk Sobat, baik temporari internet maupun temp system.
  8. Lebih baik mempartisi harddisk sobat menjadi beberapa bagian untuk memudahkan organisasi dan keamanan data sobat.
Sekian tipsnya....

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat dan Fungsi Harddisk

2 komentar:

  1. Tips yang sangat membantu master, karna banya para pemula yang sering mematikan pc/lapot mereka dengan cara kasar seperti menekan power secara langsung. dan mereka pun tak sadar hal itu dapat merusak pc mereka.

    Mungkin setelah mereka membaca ini, mereka jadi paham akan gunanya mematikan pc dengan baik dan benar.

    Thanks you.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halah..master apa Mas..cuman pengalaman pribadi dan hasil baca-baca di tabloid komputer..salam kenal Mas.Riky...

      Hapus