Kumpulan artikel tutorial memperbaiki komputer dan laptop

Memperbaiki Komputer Sendiri

cara memperbaiki komputer sendiri
Komputer
Bagaimana cara memperbaiki komputer sendiri, buat teman-teman yang masih belum paham benar tentang cara mengetahui kerusakan komputer tentu menjadi repot ketika komputer yang Sobat pakai tiba-tiba rusak dan tidak bisa dipakai. Padahal kadang kala kerusakan komputer bisa jadi karena hal-hal ringan dan mudah, semisal kabel dari CPU ke Monitor tidak terkoneksi dengan baik atau bisa juga karena Memori RAM kotor atau kendor. Ya kerusakan-kerusakan ringan seperti tersebut tadi bisa jadi kita harus merogoh kocek untuk bayar teknisi jasa servis komputer.

Untuk itu saya disini mencoba membantu teman-teman untuk belajar mendeteksi sendiri kerusakan ringan komputer milik teman-teman, berikut ini cara mengetahui secara awam tentang kerusakan komputer :
  • Komputer mati total, ketika power CPU ditekan On dan CPU tidak menyala : silahkan sobat cek kabel power apakah sudah tersambung dengan baik dan jika sudah coba cek Power Supplay dan Matherboard Komputer. Coba ganti Power Supplay dengan yang lain untuk mencoba, demikian juga untuk mencoba matherboard. Cek juga Switching Button pada kasing CPU.
  • Komputer menyala tetapi tidak tampil apapun pada layar, cek kabel koneksi ke layar monitor komputer. Pastikan juga apakah ada suara beep 1x, jika terdengar beep 1x dan lampu numlock pada keyboard menyala 1x bersamaan dengan bunyi beep tetapi gambar tetap tidak muncul berarti kerusakan pada VGA atau monitor.
  • Komputer menyala tidak muncul tampilan gambar dan terdengar bunyi beep berulang-ulang, silahkan sobat cek Memori RAM, lepas dan bersihkan kemudian pasang kembali dengan benar. Jika masih belum bisa coba sobat ganti dengan Memori RAM lain.
  • Komputer menyala tetapi terdengar lemah suara kipas pendingin processornya, untuk problem ini sobat bisa cek pada matherboard dan power supplay komputernya. Bisa juga sobat cek pada baterai CMOS apakah masih ready atau tidak.
Sobat, pada posting ini memang saya sengaja hanya menulis kerusakan komputer hanya pada problem komputer tidak menyala sama sekali dan bisa menyala tetapi tidak tampil tulisan pada layar. Karena jika disebutkan semua disini tentang kerusakan komputer pasti tidak cukup hanya 1 lembar posting...he3x, semoga berguna.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Memperbaiki Komputer Sendiri

6 komentar:

  1. informasinya berguna sekali untuk pemula yang ingin belajar lebih dalam hal teknisi komputer gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Mas.Syafar barangkali mau menambahkan tips memperbaiki komputer sendiri..buat pelengkap...TQ sdh mampir Mas..

      Hapus
  2. mantap nih infonya, thanks gan, nambah ilmu lagi nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. TQ Mas.Intan, silahkan kalau ada opini juga untuk ditambahkan disini..biar bisa saling share....

      Hapus
  3. kalau saya nggak berani mas nyervice sendiri ndak punya pengetahuan soal komputer soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya minimal cek sendiri dahulu, kalau sdh mentok tidak bisa baru bawa ke teknisi..he3x

      Hapus