Kumpulan artikel tutorial memperbaiki komputer dan laptop

Cara instal windows 7 pada lenovo S20-30



Galau juga 2 hari berkutat dengan Lenovo s20-30 yang nggak bisa diinstal windows 7, ternyata memang ada yang mesti kita rubah pada biosnya. Meskipun OS Windows sudah banyak yang menggunakan versi 8 namun banyak juga pengguna yang masih menyukai menggunakan windows 7. Hari ini juga mendapat pengalaman berharga, ketika dapat pesanan netbook Lenovo S20, kebetulan calon user minta tetap menggunakan Windows 7 saja dengan alasan masih familiar dengan windows 7 daripada Windows 8. Netbook sudah dibeli dan dibelikan OS Windows 7 Original dan niatnya langsung instal, eh ternyata ketika instal sampai pada step 2 tidak bisa dan sudah mencoba-coba instal dengan Windows 7 64 bit hasilnya tetap saja tidak bisa.

cara instal windows 7 lenovo s20-30
Lenovo S20-30
Nanya teknisi toko komputer tempat membeli netbook tersebut ternyata disarankan untuk Update Bios Lenovo S20-30 terlebih dahulu dan caranya memang terkesan ribet 2x kerja yaitu  dengan cara kita harus instal windows 8 terlebih dahulu kemudian dari windows 8 kita update Bios Lenovo S20 tersebut dari Windows 8 dan menunggu restart sampai selesai. Untuk file update bios gimana ?, ya file update bios yang bernama accn16ww tersebut bisa kita download di web resmi lenovo disini.


Setelah download file accn16ww dari site lenovo, saatnya copas di netbook lenovo dan silahkan eksekusi file tersebut sampai selesai. Sobat, waktu eksekusi update bios charger netbook harus terpasang dan disarankan dilakukan dalam jam-jam aman dimana listrik pada jam tersebut jarang terjadi pemadaman. 


Oke saya anggap Sobat sudah bisa update bios lenovo S20 tersebut, apakah sudah bisa langsung instal windows 7 ? maka jawabannya belum. Yang perlu Sobat lakukan adalah masuk ke Bios netbook S20-30 dengan cara menekan tombol Fn dengan F2 kemudian pada Configurations dan pada USB XHCI Controller silahkan Sobat rubah dari enable menjadi disable. Simpan perubahan tersebut dan silahkan Sobat ulang instal windows 7 di netbook Lenovo S20-30 Sobat pasti lancar jaya...he3x,


Jadi kesimpulannya yaitu, cek bios terlebih dahulu ketika masih di toko komputer ketika membeli lenovo S20-30 apakah sudah diupdate atau belum dan jika belum maka kita bisa update sendiri dengan cara Instal Windows 8 terlebih dahulu, kemudian download file update BIOS dan update bios tersebut. Langkah selanjutnya rubah setting bios pada Configurations >USB XHCI Controller kita buat disable dan terakhir instal Windows 7. Selamat mencoba..semoga berguna.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara instal windows 7 pada lenovo S20-30

10 komentar:

  1. maaf pak kalo direct3d kok gak bisa ya?

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak sob, sangat membantu sekali tutorialnya...

    BalasHapus
  3. Terimakasih sob, sangat membantu sekali tutorialnya..

    BalasHapus
  4. Setelah saya download filenya, lalu saya install, ada tulisan
    "The version of ROM file is not newer than that the BIOS."
    Kenapa ya?

    BalasHapus
  5. makasih gan wah saya terbantu sekali

    BalasHapus
  6. wah, perlu bantuan teman yang bisa install window 7. Tetapi, dengan tutorial ini, berlatih install. Terima kasih petunjuknya.

    BalasHapus
  7. BIOS masih versi 1.0v0.7,os sudah terlanjut terhapus/format,gmn tuh gan

    BalasHapus
  8. kog bios update seri yg ini accn16ww gak ada ya gan di web lenovo... minta solusi dong

    BalasHapus