Kumpulan artikel tutorial memperbaiki komputer dan laptop

8 cara menghemat baterai hp android ketika bepergian


Hal mudah apa saja yang bisa kita lakukan pada smartphone android kita ketika dalam perjalanan diluar kota sementara kita tidak membawa pengisi baterai powerbank. Memang perlakuan dan cara pemakaian handphone berbasis operating system android cukup berbeda dibandingkan dengan ponsel biasa.
Konsumsi dan pemakaian baterai jauh lebih boros dibandingkan dengan handphone biasa, bahkan jika kita terlalu banyak menggunakan smartphone android untuk keperluan online seperti browsing, chatting maupun media social maka baterai bisa jadi tidak sampai 1 hari pemakaian.
Supaya baterai android awet di perjalanan
Jika kita over menggunakan handphone android  untuk keperluan aplikasi online makan baterai bisa-bisa hanya beberapa jam saja sudah habis. Celakanya ketika kita dalam perjalanan ke luar kota missal naik kendaraan umum dan tidak membawa powerbank, tentu kita harus menunggu perjalanan sampai atau di tengah perjalanan kita berhenti untuk charging handphone saja. Hal tersebut bisa kita lakukan jika kita menggunakan kendaraan pribadi, bagaimana jika kita menggunakan kendaraan umum. Bisa-bisa dikomplen penumpang lainnya kan..he3x.. Langsung aja deh, berikut ini hal-hal yang perlu Anda lakukan supaya baterai hp android Anda awet ketika di perjalanan luar kota.

8 tips supaya baterai hp android awet di perjalanan.


  1. Minimalkan tingkat kecerahan lampu layar hingga paling rendah, karena konsumsi baterai untuk lampu kecerahan layar handphone merupakan yang terbesar pemakaian baterainya.
    supaya baterai hp android awet ketika di perjalanan
    Minimalkan kecerahan layar

  2. Matikan Sambungan Data untuk membuat handphone hanya berfungsi sebagai telepon saja, jadi smartphone Android Anda hanya bisa untuk telepon dan SMS saja selama Sambungan Data dimatikan.
    Matikan sambungan data
  3. Kurangi akses internet dan online, dengan mematikan Sambungan Data tentu kita tidak bisa online mengakses berbagai aplikasi yang menggunakan internet. Gunakan internet seperlunya saja, jika hal tersebut benar-benar perlu dan selebihnya matikan saja selama masih dalam perjalanan Anda.
    Non aktifkan perangkat yang tidak perlu
  4. Matikan dering ponsel dengan mode getar, karena getar pada handphone berasal dari sebuah motoran/dynamo yang berputar untuk membuat handphone bergetar. Motoran untuk getar handphone juga bisa ikut mengurangi daya baterai.
  5. Jangan terlalu sering mengecek SMS atau Telepon masuk, jika Anda mengecek SMS atau telepon masuk maka lampu layar akan menyala dan lebih baik jika langsung mengkunci layar kembali untuk mematikan lampu layar.
  6. Matikan hal-hal yang tidak perlu seperti WIFI, Bluetooth, GPS dan minimalkan batas waktu lampu layar menyala.
  7. Hindari menggunakan handphone untuk memutar musik selama dalam perjalanan.

Demikian cara dan tips supaya baterai handphone android awet dan tahan lama selama dalam perjalanan, cara tersebut saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan silahkan Sobat coba sendiri tanpa perlu membawa powerbank. Salam dan semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 cara menghemat baterai hp android ketika bepergian

1 komentar: