Kumpulan artikel tutorial memperbaiki komputer dan laptop

Cara foto levitasi dengan kamera ponsel


Penasaran cara membuat foto melayang, melompat di udara menggunakan kamera ponsel. Foto-foto melayang atau melompat di udara biasa disebut dengan istilah foto levitasi. Blog artikel komputer juga cukup penasaran dan ingin ngerti bagaimana sebenarnya membuat foto levitasi, 

oke berikut ini cara foto levitasi menggunakan kamera handphone yang Admin dapat referensinya dari blog kelasfotografi, artikel ini sudah admin tulis ulang tanpa merubah makna dari artikel tersebut.
Levitasi, foto Om. Andrian Pratama member Kofipon 

Kesulitan memotret Levitasi dengan kamera hp !

Kamera ponsel tidak memiliki fitur secanggih kamera DLSR, biasanya kamera DLSR memanfaatkan fitur fotografi berupa shutter speed untuk menghasilkan sebuah foto levitasi.  Pada kamera DLSR, shutter speed dapat diatur pada mode manual, sehingga kita bisa mengaturnya sesuai kebutuhan.

Sedangkan pada kamera smarphone, shutter speed tidak bisa kita temukan dan juga gunakan secara manual. Untuk itu jika kita ingin menggunakan kamera ponsel untuk foto levitasi, shutter speed pada kamera hp dapat kita buat dengan trik dan cara di bawah ini :

Koreksi fitur ISO pada kamera ponsel.

Salah satu kebutuhan fotografi yang bisa kita peroleh pada kamera ponsel yaitu hanya ISO, pengaturan intensitas cahaya pada kamera atau ISO. Menurut teori fotografi, jika ISO diturunkan maka shutter speed pada sebuah kamera akan menjadi cepat, sedangkan jika ISO pada mode tinggi misalkan 400 maka shutter speed menjadi lambat.

Oleh sebab itu, salah satu cara untuk menaikkan shutter speed pada kamera hp supaya cepat yaitu dengan menurunkan mode ISO menjadi rendah yaitu pada ISO 100.

Namun dampak dari diturunkannya ISO menjadi 100 tentunya berpengaruh pada hasil foto yang menjadi kekurangan cahaya dan gelap, untuk lebih jelasnya baca terus triknya di bawah ini.

Pilih tempat dengan cahaya yang terang.

Karena ISO pada kamera ponsel diturunkan untuk mendapatkan shutter speed cepat, maka Sobat perlu mencari tempat dengan pencahayaan terang dan baik untuk mengenai obyek/model foto levitasi.

Jangan mengambil foto dengan kamera menatap matahari, kecuali jika Anda ingin membuat foto levitasi siluet.

Mode fokus.

Pilih mode fokus pada mode fokus makro, namun jika Anda membutuhkan mode fokus lainnya juga tidak menjadi masalah.

Cara menekan tombol shutter kamera hp.

Saat pengambilan foto dengan gaya atau adegan levitasi, cara menekan tombol shutter pada kamera hp dilakukan dengan cara menekan terus tombol shutter pada layar dan mengikuti obyek melompat/bergaya levitasi. Pada saat tombol shutter ditekan terus belum dilepas maka foto belum terekam “kamera hp belum mengambil gambar”.

Baru setelah obyek levitasi beradegan levitasi dan kita mengikuti dengan kamera ponsel, maka saat itu juga kita bisa mengambil gambar levitasi dengan melepas tombol shutter.

Demikian tips menggunakan kamera hp untuk mengabadikan obyek benda melayang atau obyek model manusia melompat.

Foto illustrasi milik : Om. Andrian Pratama, member grup Kofipon



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara foto levitasi dengan kamera ponsel

1 komentar:

  1. terbang dan melayang itu mas..
    boleh dicoba nanti dan kira-kira perlu berapa kali percobaan ya untuk mendapatkan hasil yang bagus??

    BalasHapus