Kumpulan artikel tutorial memperbaiki komputer dan laptop

Tips foto makro dengan handphone


Fotografi makro sudah tidak lagi bisa dilakukan hanya dengan kamera SLR saja, seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi kamera pada handphone menjadikan kamera ponsel pintar juga sudah bisa digunakan untuk fotografi makro.

Banyak pengguna smartphone Android memanfaatkan kamera ponsel pintarnya untuk hunting dan mengabadikan obyek foto makro baik berupa serangga, putik bunga atau hal kecil lainnya. Jika Anda tertarik ikut belajar fotografi makro berikut ini tips yang admin dapat tentang cara foto makro menggunakan kamera hp.
Fotografi makro dengan hp, sumber foto slamettux.wordpress.com

Pengertian fotografi makro.

Fotografi makro sendiri merupakan teknik fotografi untuk bisa mendapatkan sebuah obyek kecil dalam foto terlihat sangat detail, biasanya fotografi makro dilakukan dengan cara mendekatkan kamera dengan benda obyek supaya terlihat detail obyek tersebut. 

Untuk mendapatkan obyek kecil pada foto makro supaya terlihat detail biasanya kamera SLR maupun kamera handphone dilengkapi dengan optik pembesar yang prinsipnya menyerupai sebuah mikroskop.
Lensa makro, sumber caferone.blogspot.com
Namun karena lensa foto makro untuk kamera SLR harganya terbilang cukup mahal, menjadikan hobi fotografi makro menjadi terbatas hanya kalangan fotografer berkantong tebal saja. Tetapi ketika kamera teknologi ponsel mengalami banyak kemajuan dan lensa-lensa tambahan untuk berkreasi dengan kamera ponsel banyak tersedia dengan harga murah dan terjangkau, akhirnya pengguna kamera ponsel banyak yang memanfaatkan menggunakan kamera ponsel untuk memfoto obyek makro.

Cara foto makro dengan hp.

capung, kinjeng
Contoh foto makro dengan kamera handphone

  1. Gunakan lensa tambahan berupa lensa makro yang bisa Anda beli dengan harga murah dan terjangkau di toko-toko komputer, atau jika Sobat memiliki kamera jadul/film negatif dan sudah tidak terpakai maka lensa kamera tersebut bisa diambil/dibongkar untuk menggantikan lensa makro buatan sendiri dengan hasil foto yang lebih maksimal.
  2. Lakukan hunting foto makro pada pagi hari dan antara pukul 08:00 s/d 10:00 paling siang, jika obyek makro berupa serangga. Karena biasanya serangga pada jam tersebut cenderung masih lebih jinak dan sedang mencari makan sehingga bisa lebih mudah untuk difoto.
  3. Eksekusi obyek foto sedekat mungkin hingga obyek terlihat fokus dan detail obyek bisa terlihat jelas, maju mundurkan kamera hingga obyek pada layar terlihat fokus dan tidak blur. Biasanya jika sudah menemukan fokus obyek, gambar akan memiliki ruang tajam yang sempit dan terfokus.
  4. ISO, pilihlah setting ISO pada kamera pada mode ISO sedang dan jangan terlalu tinggi. Karena biasanya jika ISO terlalu tinggi menjadikan gambar timbul grain atau bintik-bintik dan kurang tajam jika foto dibesarkan. 
  5. Sandaran tangan, cari sandaran tangan memegang kamera ponsel, sehingga kamera tidak bergoyang/terguncang. Hal ini merupakan hal yang cukup sulit ketika melakukan fotografi makro, selain harus mencari fokus obyek pada gambar, kita juga dituntut tenang supaya serangga tidak terbang atau pergi. 
  6. Menggunakan sandaran tangan pada benda apapun disekitar kita tentunya menjadi sebuah pilihan wajib supaya hasil foto makro bisa fokus, tajam dan bagus.
  7. Manual fokus, pilih mode setting kamera pada manual fokus. Hal tersebut bertujuan supaya nantinya bisa mendapatkan perbesaran foto yang lebih maksimal. 
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips foto makro dengan handphone

0 komentar:

Posting Komentar