Kumpulan artikel tutorial memperbaiki komputer dan laptop

Ketahui penyebab melambatnya hp android Anda

Ponsel pintar atau smartphone Android sering kali terkesan lemot dan sangat lambat ketika sedang kita akses atau sentuh, biasanya ponsel jadi terkesan menunda perintah yang kita inginkan sewaktu menekan layar.



Tanda-tanda smartphone Android sudah mulai melambat biasanya terlihat ketika kita menyentuh layar untuk membuka aplikasi, hal tersebut terlihat dengan adanya jeda waktu yang cukup lama dari kita memberi perintah sewaktu menekan layar hingga aplikasi terbuka. 
android berubah lemot
ponsel Android berubah jadi lemot tentu bikin galau
Jika sudah mengalami hal seperti ini tentunya kita menjadi kesal dan jengkel, apalagi ketika sedang buru-buru hendak menggunakan telepon untuk menelpon atau menulis sms namun ponsel sangat lemot kita buka.

Penyebab ponsel Android lemot.


  • Ponsel Android atau smartphone Android bukannya tanpa sebab ketika sudah terlihat mulai melambat dan lemot, biasanya hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan penyebab antara lain di bawah ini.
  • Memori RAM yang kecil, memori ram yang terlalu kecil menyebabkan proses load data dari Memori penyimpanan aplikasi ketika diakses menjadi tersendat dan lambat dikarenakan ruang memori RAM yang terbatas.
  • Terlalu banyak aplikasi online, terlalu banyaknya aplikasi android yang online dan aktif juga ikut menentukan kinerja prosessor ponsel dan juga kinerja Memori RAM. Aplikasi aktif dan online ikut terproses dan memenuhi ruang memori RAM sehingga kinerja memori RAM menjadi penuh dan harus bergantian.

Cara melihat aplikasi aktif.

Setelah mengetahui hal yang menjadi penyebab ponsel android menjadi lemot dan lambat, alangkah baiknya jika kita juga perlu mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan dan aplikasi apa saja yang memakai memori RAM paling besar dan banyak.

Dengan mengetahui aplikasi dengan pemakaian memori RAM terbanyak tentunya menjadikan kita dapat memilih akan tetap menggunakan aplikasi tersebut atau tidak, sehingga mampu mengkurangi beban memori RAM dan menjadikan smartphone Android kita menjadi lebih cepat. Berikut ini cara melihat aplikasi yang sedang aktif dan mengetahui aplikasi pengguna memori RAM terbesar.

  1. Buka menu Setelan atau Setting pada ponsel Android Anda.
  2. Kemudian masuk pada sub menu Aplikasi atau Apl dan perhatikan aplikasi apa saja yang sedang running atau berjalan pada Tab Menjalankan atau Running. Tab menjalankan letaknya setelah Tab Terunduh dan Kartu SD.
  3. Setelah melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan pada list Aplikasi menjalankan menjadikan kita tahu bahwa aplikasi apa saja yang menggunakan memori RAM paling besar dan paling kecil, sehingga jika menemui aplikasi dengan pemakaian RAM besar namun tidak penting bisa kita uninstall saja.
    Perhatikan aplikasi dengan memory usage terbesar
  4. Dengan melihat aplikasi yang sedang running atau menjalankan, kita juga bisa melihat sisa RAM kosong dan terpakai meskipun selalu berubah-ubah tergantung pemakaian aplikasinya yang sedang berjalan.

Demikian artikel tentang cara mengetahui penyebab melambatnya hp Android, mohon maaf jika ada kekurangan karena saya bukan seorang expert dan juga sedang terus belajar. Screen shoot menggunakan ponsel Android Acer Z400 menggunakan Android Jelly bean, beda type dan versi tentunya juga membedakan tampilan OS Android tersebut. Semoga tidak membingungkan dan bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ketahui penyebab melambatnya hp android Anda

0 komentar:

Posting Komentar